Home Story Move On: Panduan untuk Melepaskan Masa Lalu & Membangun Kembali Kebahagiaan

Move On: Panduan untuk Melepaskan Masa Lalu & Membangun Kembali Kebahagiaan

Move on mungkin terdengar sederhana. Namun, beberapa orang memiliki pengalaman tidak mudah untuk melakukannya. Siapa saja tentu pernah merasakan sakitnya ditinggalkan, bahkan terperangkap dalam bayang-bayang masa lalu. Untuk melepaskannya mungkin butuh waktu yang lama.

Namun, jangan khawatir, kamu tidak sendirian dalam perjalanan ini. Kami telah mengumpulkan beberapa tips praktis dan efektif yang bisa kamu terapkan untuk move on

Ingatlah bahwa proses untuk terus berjalan dan tidak menoleh ke belakang bukan hal yang bisa terjadi dalam waktu semalam. Tapi bukan berarti itu tidak mungkin, kan? Yuk, ambil satu langkah berani hari ini dan buka jalan untuk memulai babak baru dalam hidupmu lagi!

Kenapa Kita Perlu Move On?

Bukan hanya sebuah ungkapan, move on adalah langkah yang krusial dalam perjalanan kehidupan. Mengapa? Karena melepaskan masa lalu akan membuka pintu bagi peluang dan pengalaman  baru, yang akan memperkaya pengalamanmu. 

Lebih dari apa pun, langkah ini membantu kita tumbuh dan belajar dari kesalahan. Sehingga, mental akan berkembang dan membuat kita semakin tangguh. Tidak berlebihan jika menyebut move on sebagai proses transformasi diri menuju versi terbaik kita.

Tapi kenapa move on itu sulit? Sering kali hati telah terikat erat dengan kenangan, sehingga membuat proses melangkah ini agak terganggu. Kenangan indah juga membuat kita terjebak dan enggan menerima perubahan. 

Ada rasa takut akan ketidakpastian, kenyamanan yang hilang, dan perubahan lain yang kita tidak pernah tahu. Tenang saja, emosi ini manusiawi. Namun, jangan jadikan hal tersebut penghalang untuk terus maju.

Lalau berapa lama harus move on? Tidak ada jawaban pasti, mengingat setiap pribadi memiliki pengalaman yang unik. Namun, perlu kamu ingat bahwa move on adalah pengalaman, bukan tujuan. 

Setiap langkah, sekecil apa pun itu, adalah progress. Tidak perlu buru-buru tapi segeralah bergerak dengan ritme yang tepat!

7 Langkah Jitu untuk Move On

Gimana caranya bisa move on? Kami telah merangkum tujuh langkah praktis yang bisa kamu coba sekarang juga.

1. Jangan Mengingkari Perasaan Sedih

Kamu sedang bersedih dan harus mengakuinya. Sering kali orang berusaha selalu tegar dan baik-baik saja. Bahkan tidak jarang yang selalu menampilkan citra bahagia meskipun sedang sedih luar biasa. 

Namun, hal ini tidak akan mempercepat proses penyembuhan – kamu hanya menumpuknya dan membuat perasaan semakin buruk. Oleh karena itu, akui dan izinkan dirimu untuk merasa sedih.

2. Beri Waktu untuk Lebih Santai

Seperti penjelasan sebelumnya, move on adalah proses. Setiap proses tentu memerlukan waktu, yang tentu sangat berbeda dari satu orang dan lainnya. Kamu pun sebaiknya tidak terburu-buru untuk kembali ke rutinitas normal. 

Bagaimana jika kamu sedih karena putus cinta? Berikan waktu untuk bersedih dan tidak perlu buru-buru mencari pasangan baru. Ini adalah saat untuk mengembalikan perasaan yang terpuruk.

3. Bahagiakan Diri Sendiri

Sejatinya, tidak ada cara melupakan orang yang kita cintai. Ingatan dan kenangan indah tersebut akan selalu ada di memori manusia. Namun, bukan berarti hal itu menjadi jebakan untuk terus bergulat dengan kesedihan. 

Kamu bisa melakukan  hal-hal yang membuatmu senang. Olahraga dan traveling bisa menjadi pilihan tepat.

4. Berdamai dengan Keadaan

Sesuatu telah terjadi dan tidak ada yang bisa kamu lakukan selain memaafkan. Ada yang bilang bahwa kita harus memaafkan dan melupakan agar merasa terbebas dari belenggu kenangan. Namun, ini adalah sebuah proses. Apa yang sudah terjadi adalah pelajaran, bukan kegagalan.

5. Luangkan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Ketika kamu merasa galau, sebaiknya kamu tidak sendirian. Selain meningkatkan rasa kesepian, kamu akan terus berkutat dengan pikiran-pikiran yang membuat tubuh dan mental kelelahan. 

Maka dari itu, habiskan waktu dengan orang-orang terdekat. Selain memberikan dukungan moral, kamu bisa mendapatkan insight menarik dengan ngobrol bareng mereka.

6. Lakukan Kegiatan Bermanfaat

Bersedih membuat kita melupakan hal-hal yang dulu kita sukai. Yuk, luapkan emosi dengan kegiatan positif. Ikut badminton di lapangan terdekat dan menjadikannya hobi bisa menjadi kegiatan yang kamu coba. 

Meskipun bukan tips melupakan mantan yang membuatmu langsung lupa dalam sehari, melakukan kegiatan fisik membuatmu merasa lebih ringan karena tubuh memproduksi banyak hormon bahagia di sana.

7. Mencoba Tempat Kuliner Baru

Salah satu cara cepat move on yang bisa kamu coba adalah mencoba tempat kuliner baru. Makanan, lebih dari apapun, adalah salah satu cara efektif untuk menciptakan kenangan baru dan meninggalkan masa lalu di tempatnya.

Untuk membuat perjalanan move on lebih berwarna, kamu bisa mengunjungi Steak Hotel by Holycow. Kami bukan hanya restoran yang menyajikan makanan, tapi juga memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan. 

Pelayanan yang hangat dan ramah akan menyambutmu, seakan mengerti bahwa kamu sedang membutuhkan lebih dari sekadar makanan enak.

Lebih dari semua itu, kami memahami bahwa menyajikan makanan dengan sepenuh hati adalah bagian dari pelayanan. Maka dari itu, Holycow adalah tempat yang tepat untuk memperbaiki suasana hati sekaligus mengingatkanmu bahwa proses move on bisa dinikmati dengan cara yang berbeda.

Leave a comment

All comments are moderated before being published