Home Story 7 Aktivitas yang Bisa Bantu Kamu Move On dari Patah Hati

7 Aktivitas yang Bisa Bantu Kamu Move On dari Patah Hati

Patah hati adalah kondisi yang umum terjadi terutama ketika putus cinta, mendapatkan penolakan, atau gagal menjalin hubungan asmara. Rasanya sakit, kecewa, sedih, hingga kesepian. 

“Gak apa sedih dan nangis saat patah hati, tapi habis itu udahan yuk! Saatnya bangkit dan jadi lebih kuat. Kamu bisa kok, Semangat!”

Bangkit dari patah hati (atau sering dikenal dengan istilah move on) tentunya tidak mudah. Terlebih bila kenangan indah masih melekat kuat dalam pikiran. Namun ada kok cara untuk membangkitkan semangat kembali dan move-on dari patah hati.

Kamu bisa mulai dari aktivitas sehari-hari yang mudah dilakukan, hingga berkonsultasi dengan ahlinya. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa bantu move on lebih cepat dan tak membuat kamu berlarut-larut dalam kesedihan

1. Ngobrol Bareng Sahabat

Orang yang kenal betul dengan kamu, bisa memahami apa yang kamu rasakan, bahkan tahu baik buruknya dirimu adalah sahabatmu. Itulah kenapa obat patah hati yang pertama harus kamu coba adalah bertemu dan ngobrol bareng sahabat.

Kamu bisa menumpahkan keluh kesahmu, kesedihanmu, bahkan rasa kecewa karena harus berpisah dengan orang tercinta. Luapkan semua emosi yang mengganjal dan sahabat akan mendengarkan. Biasanya setelah ngobrol dengan sahabat, beban pikiran akan sedikit lebih lega.

Tidak hanya itu, kepercayaan diri juga lebih meningkat, serta rasa kesepian juga mulai berkurang..[1] Kamu perlahan-lahan bisa bangkit kembali dan mulai beraktivitas seperti normal lagi.  

2. Main Games Favorit

Salah satu penyebab patah hati terasa sangat sakit dan sulit untuk hilang adalah teringatnya kenangan indah sebelum berpisah. Oleh karena itu, langkah agar bisa move on adalah menghindari kepikiran/kebayang-bayang masa-masa indah tersebut.

Salah satu langkahnya adalah mengalihkan perhatian dengan bermain games. Kamu bisa bermain games langsung Bersama komunitas, teman, keluarga, atau bermain games sendirian melalui perangkat smartphone.

Berdasarkan penelitian University of Georgia, bermain games bisa mengurangi kesedihan dan mencegah depresi. Peningkatan aktivitas kognisi dan interaksi antar pemainnya berkontribusi besar dalam menyembuhkan kesedihan. .[2]

3. Nonton Film

Alternatif aktivitas berikutnya adalah menonton film. Kegiatan ini bisa menyembuhkanmu dari rasa sakit hati setelah putus cinta lho. Hal ini karena melalui film, kamu bisa lebih rileks, santai, melupakan sejenak rasa patah hati dan fokus pada alur filmnya.

Selain itu, beberapa film mungkin bisa menumbuhkan semangat dan motivasi baru bagi dirimu..[3] Terutama pada film-film yang memiliki alur cerita tentang perlawanan terhadap rasa sakit hati.

Kamu bisa menikmati film tersebut sendiri di rumah melalui saluran streaming atau menonton keluar bersama sahabat di bioskop.

4. Jalan-Jalan/Wisata

Apabila kamu punya waktu dan budget, agendakan untuk liburan. Tak perlu liburan mahal, beberapa aktivitas sederhana seperti jalan-jalan di taman, menikmati pemandangan kota di malam hari, atau sekedar bersepeda di pagi hari bisa meredakan kesedihan yang kamu alami.

Bila budget memungkinkan, bisa mencoba berwisata yang agak jauh dan lama. Seperti mengunjungi pantai, berwisata ke luar kota, camping di daerah pedesaan, atau hiking bersama komunitas. Semakin baru dan seru aktivitas jalan-jalanmu, semakin cepat juga move on dari patah hati.

5. Belanja

Bahagia itu sederhana, bisa belanja-belanja barang yang kamu suka, benar tidak? Berdasarkan studi dari Dr. Bea, ketika kamu belanja tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin. Hormon inilah yang membuatmu merasa lega, gembira, dan Bahagia.[4]

Belanja-belanja barang kesukaan juga bisa menjadi salah satu langkah untuk menghargai diri dan mencintai diri sendiri. Aktivitas ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri, memberi semangat, serta menambah motivasi diri. Patah hati bisa sembuh sendiri secara perlahan ketika kamu Bahagia.

6. Makan-Makan

Wisata kuliner atau mencicipi beragam masakan baru juga bisa jadi salah satu langkah menghilangkan kesedihan. Hal ini karena ketika kamu makan, tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin dan membuat tubuh lebih rileks.[5]

Namun, pastikan konsumsi makanan bergizi ya, hindari terlalu banyak gula atau gorengan. Sebab, konsumsi makanan yang tepat bisa membantu meredakan kesedihan tanpa menimbulkan efek buruk. Kamu tidak ingin berat badan tiba-tiba naik drastis bukan? Sedihnya hilang, stress malah datang.

Untuk jenis makanannya bisa beragam, mulai dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan kaya akan vitamin dan mineral, atau daging-dagingan. Seperti daging premium di Holycow, harganya murah rasanya mewah.

Kamu bisa memesan daging di Holycow dalam bentuk daging mentah (frozen) maupun menu siap saji seperti steak. Kualitas daging wagyunya terjamin, jadi soal rasa tak perlu tanya lagi, sangat menggugah selera!

7. Jalani Perawatan Diri

Jika kamu sudah mencoba melakukan berbagai hal untuk mengobati diri sendiri tetapi belum bisa move on dari patah hati, sebaiknya selesaikan patah hati ke psikolog. Psikolog akan membantumu mengurai masalah dan mendukungmu untuk segera pulih kembali.

Beberapa tanda yang bisa kamu jadikan acuan untuk segera konsultasi ke psikolog, yaitu ketika kamu mulai kehilangan fokus pada aktivitas sehari-hari, mencari pelarian yang tidak sehat, serta mengalami traumatis.

Yuk sudah saatnya kamu terlepas dari rasa sedih patah hati di masa lalu dan membuka lembaran cerita baru. Cobain yuk mampir ke Holycow, kami berikan layanan special dan sajikan menu yang lezat, untuk dukung kamu move on dari patah hati.

Leave a comment

All comments are moderated before being published