Home Story 10 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi, Agar Kamu Paham

10 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi, Agar Kamu Paham

Di masa pandemi seperti sekarang, penting untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Pasalnya, coronavirus lebih mudah menginfeksi orang dengan imunitas lemah.

Berikut 10 tips menjaga kesehatan di masa pandemi, agar kamu paham.

1. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan saat pandemi adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan minum cukup air, kamu akan terhindar dari dehidrasi yang merupakan kondisi penyebab sembelit dan berubahnya suasana hati.

"Laki-laki dewasa membutuhkan setidaknya 3,7 liter air dalam sehari, sedangkan perempuan dewasa membutuhkan 2,7 liter".

Minuman ringan seperti jus, teh, kopi dan sebagainya sebenarnya tetap berkontribusi dalam memenuhi asupan cairan harian. Namun, minum air putih jauh lebih efektif sebagai
cara menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dehidrasi.

2. Olahraga Teratur

Olahraga di masa pandemi secara rutin membantu kamu agar tetap bugar dan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan virus korona. Meskipun ada anjuran untuk tidak banyak beraktivitas secara outdoor, kamu tetap bisa berolahraga di rumah bersama keluarga.

Untuk menjaga imunitas, lakukan olahraga ringan di rumah dengan durasi 30 menit per hari dan frekuensi lima hari dalam seminggu. Untuk waktunya, kamu bisa memilih berolahraga antara di pagi atau sore hari.

3. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara menjaga kesehatan dari COVID dan menjaga imunitas. Pasalnya COVID atau virus korona sendiri rentan menyerang orang dengan imunitas lemah. Beristirahat yang cukup juga akan membuat tubuh dan pikiran terasa lebih segar.

Banyak orang yang beristirahat dengan cara berbaring di sofa atau di kasur sambil bermain smartphone. Cara mengistirahatkan tubuh seperti itu sebenarnya tidak benar-benar efektif menghilangkan rasa lelah. Tidur merupakan cara beristirahat yang paling tepat.

“Dengan tidur yang cukup, kamu akan merasa lebih segar, mempertajam ingatan, meningkatkan suasana hati dan tentunya meningkatkan imunitas.”

4. Menjaga Kebersihan

Tips menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi selanjutnya adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Pasalnya virus korona menyebar melalui droplet, yaitu tetesan kecil cairan tubuh seperti partikel liur yang keluar saat batuk, bersin dan bahkan berbicara.

Menjaga kebersihan lingkungan di saat pandemi bisa dengan cara mencuci barang-barang di sekitar kita menggunakan desinfektan.

5. Rajin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan dengan bersih merupakan salah satu cara menjaga kesehatan dari covid yang paling efektif. Dengan, mencuci tangan selama 40-60 detik menggunakan air mengalir dan sabun atau selama 20-30 detik menggunakan antiseptik bisa mencegah berbagai penyakit.

Kamu perlu mencuci tangan, antara lain saat sebelum dan sesudah makan, sesudah buang air, serta sesudah batuk atau bersin. Selain itu saat sebelum dan sesudah mengasuh orang sakit serta sebelum menyusui bayi juga merupakan waktu dianjurkan untuk mencuci tangan.

6. Konsumsi Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik yang memiliki fungsi vital bagi metabolisme tubuh. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin sendiri, sehingga membutuhkan konsumsi vitamin dari luar. Mengkonsumsi vitamin dapat menjaga dan meningkatkan imunitas dari berbagai serangan penyakit.

Misalnya vitamin C yang banyak terkandung dalam buah-buahan seperti stroberi, jeruk, jambu dan lain-lain. Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda, umumnya laki-laki dewasa membutuhkan 90 mg sedangkan wanita dewasa membutuhkan 75 mg per hari.

7. Mengurangi Minuman Bergula

Menjaga imunitas merupakan cara menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit. Sedangkan minuman bergula justru merupakan awal mula turunnya imunitas tubuh. Sehingga, di saat pandemi seperti sekarang ini dianjurkan mengurangi konsumsi jenis minuman tersebut.

Sebagai alternatif jika tetap ingin minum minuman manis, kamu bisa menggunakan gula alami seperti madu yang lebih ramah bagi tubuh.

8. Berhenti Merokok

Coronavirus merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Infeksi corona akan semakin bertambah parah jika kamu mempunyai kebiasaan merokok. Selain dengan mematuhi protokol kesehatan, cara menjaga kesehatan dari COVID lainnya adalah dengan berhenti merokok.

Merokok dapat meningkatkan resiko infeksi pernafasan akibat COVID-19. Selain itu, tembakau juga mempengaruhi kinerja kardiovaskular sehingga saat seorang perokok terkena coronavirus membutuhkan perawatan medis yang lebih serius.

9. Menghindari Kerumunan

Kamu mungkin sudah tahu bahwa coronavirus merupakan penyakit yang menyebar melalui droplet. Droplet merupakan tetesan kecil cairan tubuh, seperti partikel liur yang keluar saat batuk, bersin dan bahkan berbicara. Saat bersin, droplet yang keluar memiliki kecepatan hingga 50 m/s.

Dengan kecepatan seperti itu, tidak heran coronavirus dapat menyebar dengan cepat di antara kerumunan orang. Apalagi, butuh waktu cukup lama bagi droplet yang tertahan di udara untuk jatuh sepenuhnya. Itulah alasannya mengapa kamu harus menghindari kerumunan saat pandemi COVID-19.

10. Menjaga Pola Makan

Tips menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi terakhir adalah dengan menjaga pola makan sehat dan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh. Dengan pola makan seimbang, tubuhmu dapat memperoleh nutrisi yang cukup untuk meningkatkan imunitas.

“Untuk memperoleh nutrisi yang seimbang, pastikan kamu memakan buah dan sayur, berbagai protein serta lemak sehat dalam konsumsi harian.”

Lemak sehat bisa diperoleh dari daging hewan seperti ayam atau sapi. Kamu bisa memperoleh daging sapi berkualitas terbaik di Holycow Steak. Selain lezat, daging sapi dari Holycow juga bergizi dan cocok dijadikan berbagai olahan makanan sehat.

Setelah mengetahui 10 tips menjaga kesehatan di masa pandemi tadi, apakah Carnivors sudah memahami pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi?

Leave a comment

All comments are moderated before being published