Home Story 5 Perbedaan Sirloin dan Tenderloin, Kenali Steak Favorit Kamu

5 Perbedaan Sirloin dan Tenderloin, Kenali Steak Favorit Kamu

Hi, Carnivores! Ada yang masih bingung waktu ditanya mau pesan tenderloin atau sirloin steak? Jika iya, berarti kamu perlu tahu apa perbedaan sirloin dan tenderloin terlebih dahulu sebelum memesan steak favorit kamu.

Jadi, daging sapi memang punya nama yang berbeda-beda, tergantung asal potongannya. Di antara semua potongan itu, yang paling sering dibuat untuk steak adalah bagian sirloin dan tenderloin.

Kedua bagian ini sangat cocok untuk steak karena memiliki tekstur dan cita rasa yang khas.

Nah, apa saja beda sirloin dan tenderloin? Kenali dari segi asal potongan, tekstur, cara memasak, rasa, dan harganya.

Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

Asal Lokasi Potongan

Perbedaan pertama antara tenderloin dan sirloin adalah asal lokasi kedua potongan daging tersebut.

Baik sirloin maupun tenderloin sebenarnya sama-sama merupakan daging yang berada di area pinggang ke punggung (has).

Sirloin merentang dari iga bawah hingga punggung atas dan merupakan lapisan daging yang berada di bagian luar. Oleh karena itu potongan ini mendapat sebutan daging has luar.

Adapun tenderloin merentang dari bahu hingga pinggang dan berada di lapisan bagian dalam. Maka dari itu orang menyebutnya sebagai daging has dalam.

macam macam potongan daging sapi

Tekstur Daging

Melihat dari asal potongan, otot daging pada bagian sirloin jelas lebih banyak digunakan untuk bergerak dan menahan berat. Karena itu, tekstur daging sirloin lebih alot dan padat.

Sebaliknya, otot daging pada bagian tenderloin tidak digunakan untuk menahan berat maupun bergerak. Ini membuat tekstur daging tenderloin lebih lembut dan empuk.

perbedaan potongan daging sirloin dan tenderloin secara kasat mata

Secara kasat mata, potongan sirloin tampak lebih gelap dan padat, sedangkan potongan tenderloin lebih terang dan serat dagingnya lebih jarang.

Nilai Gizi

Baik tenderloin maupun sirloin merupakan bagian daging yang sedikit mengandung lemak daripada bagian lainnya. Meski begitu, sirloin mengandung lemak yang lebih sedikit karena kegunaannya untuk gerak dan menahan beban.

Adapun tenderloin mengandung lemak yang relatif lebih banyak daripada sirloin serta serat daging yang lebih sedikit.

Perbandingan kandungan kalori, protein, dan lemak dalam sirloin dan tenderloin bisa kamu lihat di tabel berikut.

Kandungan gizi

Sirloin

Tenderloin

Kalori

131 kkal

274 kkal

Protein

22,1 gram

21,8 gram

Lemak

4,08 gram

18,2 gram

 

Jadi, kalau kamu lagi program pembentukan otot, makan sirloin bakal bagus banget karena bisa menambah massa otot kamu.

Tapi, kalau kamu lagi pengen menambah berat badan sekaligus menikmati steak sepuasnya, tenderloin bakal lebih nikmat buat kamu coba.

Cara Memasak

Selanjutnya, beda sirloin dan tenderloin juga dapat diamati dari cara memasaknya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cara memasak sirloin maupun tenderloin perlu mempertimbangkan komposisi daging dan lemaknya.

Secara umum, durasi memasak sirloin maupun tenderloin sangat bergantung pada berat atau ketebalan dagingnya. Pada berat atau ketebalan yang sama, kamu perlu menerapkan prinsip berikut.

Untuk memasak tenderloin steak tak butuh waktu terlalu lama. Ini karena tipe dagingnya yang lebih lembut dan mengandung fat marbles yang agak lebih banyak.

Sebaliknya, memasak sirloin steak membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Penyebabnya adalah dagingnya yang lebih padat serta komposisi fat marbles yang lebih jarang.

Rasa

Perbedaan rasa steak sirloin dan tenderloin sangat dipengaruhi oleh komposisi daging-lemak, tekstur, dan cara memasaknya.

Dengan tingkat kematangan medium, tenderloin dan sirloin memberikan cita rasa yang khas masing-masingnya.

Tenderloin steak memberikan tekstur yang lembut dan lumer di lidah. Terlebih lagi jika dimasak dalam tingkat kematangan medium (600 C) atau medium rare (550 C).

Selain itu, aroma dan cita rasa khas dagingnya tidak terlalu kuat. Ini membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin lebih menikmati beef steak dengan santai.

Di sisi lain, sirloin steak memiliki tekstur yang lebih alot dan butuh upaya mengunyah yang ekstra. Namun, aroma dan cita rasa khas dagingnya lebih kuat.

Terlebih lagi sirloin sering berlapis lemak yang membuatnya terasa lebih juicy dan gurih. Ini membuatnya jadi pilihan terbaik bagi para carnivores penyuka daging.

So, setelah tahu 5 perbedaan sirloin dan tenderloin tersebut, tentunya tak perlu bingung lagi mau memesan yang mana. Kabar baiknya, kamu bisa pilih yang mana saja antara tenderloin dan sirloin di Holycow Steak.

Ingin menikmati steak premium dengan harga minimum? Cuma Holycow Steak yang menyediakannya untuk para Carnivores.

Leave a comment

All comments are moderated before being published