Home Story Waktu Terbaik Makan Berat saat Buka Puasa agar Tetap Sehat

Waktu Terbaik Makan Berat saat Buka Puasa agar Tetap Sehat

Kebanyakan orang langsung makan berat saat buka puasa. Hal tersebut bisa membuat perut tidak nyaman dan memicu berbagai masalah kesehatan, lho. Lalu kapan waktu yang tepat untuk buka puasa?

Tulisan ini akan membahas berbagai alasan kenapa langsung berbuka dengan makanan berat tidak dianjurkan untuk kesehatan. Selain itu, kamu juga akan menemukan informasi lain tentang apa saja yang baik dan dihindari untuk berbuka puasa.

Bolehkah Makan Banyak Saat Buka Puasa?

Sebenarnya langsung menyantap nasi ketika berbuka tidaklah dilarang. Namun, kamu perlu memperhatikan porsi yang kamu konsumsi dan makanan pendamping lainnya.

Hal ini penting untuk mencegah makan yang berlebihan. Perlu kamu ingat bahwa tubuhmu tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman selama kurang lebih 14 jam. Ketika itu juga organ pencernaan di tubuhmu beristirahat dari pekerjaannya.

Apabila kamu langsung makan berat dan dalam jumlah banyak, maka organ pencernaanmu akan bekerja lebih keras dari biasanya. Nantinya, kondisi ini akan memicu berbagai masalah pencernaan, mulai perut kembung, radang usus, hingga GERD.

Selain itu, makan berat ketika buka puasa juga memicu naiknya kadar gula dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan manusia mengantuk karena otak kekurangan asupan oksigen. 

Maka dari itu, akan lebih baik jika orang yang berpuasa membatalkannya dengan makanan yang bersifat ringan, seperti takjil. Selain makan makanan berat, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu hindari.

  • Minum air dingin untuk membatalkan puasa, karena dapat memicu kontraksi lambung.
  • Bolehkah makan pedas saat berbuka? Sebaiknya tidak, karena dapat memicu sakit perut dan mulas, bahkan mengiritasi dinding lambung yang kosong.
  • Makan terburu-buru.
  • Hindari makanan manis dan berlemak karena terlalu mudah dicerna sehingga membuatmu lebih mudah lapar.

Kapan Makan Berat Saat Buka Puasa?

Seperti penjelasan sebelumnya, baik dan tidaknya makan berat ketika berbuka tergantung dengan sistem cerna masing-masing. 

Namun, apabila kamu tidak terbiasa dan memiliki keluhan, maka sebaiknya kamu menghindari makan berat langsung ketika buka puasa. Tidak hanya masalah pencernaan yang sifatnya serius, makan berat ketika buka puasa dapat memicu rasa ingin muntah dan bahkan sembelit.

Selain makan makanan ringan, akan lebih baik kamu mengkonsumsi sesuatu yang bersifat manis untuk mengganti asupan glukosa. Lalu, 45 menit setelahnya kamu bisa mulai makan nasi atau makanan berat lainnya.

Atau kalau kamu bisa, makan berat bisa kamu lakukan setelah shalat tarawih. Namun, pastikan juga menu makanan yang kamu konsumsi bernutrisi tinggi dan seimbang agar kebutuhan gizi ketika puasa tetap terpenuhi.

Buka Puasa Bagusnya Makan Apa?

Menu buka puasa yang seimbang adalah yang bagus untuk berbuka. Selain memperhatikan porsi, kamu juga perlu memastikan bahwa apa yang kamu konsumsi ketika buka dan sahur mengandung nutrisi yang kamu perlukan. Beberapa menu berikut ini bisa kamu jadikan opsi untuk berbuka puasa.

1. Kurma

Kurma menjadi menjadi opsi pertama yang sebaiknya kamu gunakan untuk berbuka puasa. 

Meskipun kecil, buah yang berasal dari palem-paleman ini mengandung karbohidrat kompleks, kaya serat, dan memiliki kandungan mineral yang kamu perlukan. Selain itu, rasanya yang manis cukup efektif menggantikan asupan kebutuhan asupan glukosa tubuh yang hilang selama berpuasa.

2. Puding Buah

Buah, lebih dari apapun, menjadi makanan yang tubuhmu perlukan. Apabila makan buah saja membuatmu bosan, kamu bisa menjadikannya puding. Selain itu, puding buah biasanya mengandung lebih dari satu macam buah – dengan begitu, kamu bisa mengkonsumsi aneka buah dalam sekali suap, bukan?

3. Smoothies

Smoothies biasanya terdiri dari lebih dari satu macam buah. Hal tersebut juga memungkinkanmu untuk mengkonsumsi beragam buah sekali waktu. Selain itu, rasanya yang enak dan mengenyangkan serta manisnya yang alami cocok untuk menggantikan energi yang hilang ketika berpuasa.

4. Protein

Kamu ingin buka puasamu menggantikan energi yang hilang setelah tidak makan dan minum seharian? Protein bisa mengawali proses pembatalan puasamu. 

Telur sering jadi opsi buka puasa yang kaya protein, namun kalau kamu ingin protein yang bersumber dari tanaman maka tahu dan tempe serta kacang-kacangan bisa kamu pertimbangkan.

Pesan Menu Makan Berat untuk Berbuka di Holycow

Sekarang kamu sudah tau kapan waktu yang tepat untuk makan berat ketika berbuka. Tapi menu apa yang cocok untuk makan berat ketika buka puasa?

Holycow punya beragam menu steak dari Wagyu berkualitas yang bisa kamu pilih. Untuk kamu yang suka menu keju, ada US Rib Eye Steak with Parmesan Cheese Sauce. 

Tapi, kalau kamu ingin makan potongan daging sapi berkualitas dengan nasi, Holycow juga punya menu Nasi Gila US Beef. Tersedia juga frozen beef lengkap dengan sayuran pendampingnya apabila kamu ingin memasak sendiri di rumah.

Jadikan bulan puasa kali ini lebih berkesan dengan pesan makan berat saat buka puasa di Holycow.

Leave a comment

All comments are moderated before being published