Home Story 7 Kiat-Kiat dalam Menghadapi Tes BUMN agar Bisa Lolos

7 Kiat-Kiat dalam Menghadapi Tes BUMN agar Bisa Lolos

Yakin lolos administrasi seleksi BUMN? Sudah siap ikut tesnya? Kamu wajib tahu nich, kiat-kiat dalam menghadapi tes BUMN agar bisa lolos dengan nilai tinggi.

Pendaftaran rekrutmen pegawai BUMN untuk tahun 2023 sudah ditutup tanggal 20 Mei lalu.[1] Apakah kamu salah satu yang mendaftar? Kamu yakin lolos registrasi online?

Jika kamu yakin, maka kamu harus mulai menyiapkan diri untuk tes online tahap 1. Tes ini merupakan pintu gerbang awal kamu agar bisa kerja di BUMN. Tahapan selanjutnya masih panjang karena ada tes tahap 2, wawancara, bahkan ada training sebelum jadi pegawai tetap.

“Agar bisa lolos tes BUMN kamu harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Selain belajar, kamu juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh agar tetap dalam keadaan prima.”

Khusus untuk kamu di sini akan diberikan kiat untuk menghadapi serangkaian tes BUMN. Simak penjelasan lengkapnya hanya di sini, ya.

Kiat Menghadapi Tes BUMN agar Bisa Lolos Sampai Akhir

Ada 7 kiat menghadapi tes BUMN yang bisa kamu terapkan. Kiat ini mulai dari tes tahapan awal sampai melaksanakan job training setelah kamu diterima. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Cek Kembali Dokumen Seleksi Administrasi

Kiat yang pertama adalah cek kembali dokumen syarat administrasi seleksi BUMN. Ketika melakukan registrasi online kamu pasti menyiapkan semua dokumennya, bukan? Cek kembali apakah dokumen ini sudah benar dan lengkap atau belum.

File dokumen seleksi administrasi jangan sampai hilang. Kamu harus menyimpannya dalam file yang aman di HP maupun flashdisk. Jangan lupa siapkan semua dokumen asli dan fotokopi, pastikan tempatkan dalam 1 wadah yang mudah ditemukan.

2. Pelajari Materi Tes Tertulis

Tes masuk BUMN terbagi menjadi 3 tahapan yaitu:

  • Tes online tahap 1, yang merupakan TKD atau Tes Kemampuan Dasar dan Tes Akhlak.
  • Tes online tahap 2, yang merupakan Tes Bahasa Inggris.
  • Tes seleksi di BUMN, di dalamnya termasuk TKB atau Tes Kompetensi Bidang, User interview, Social Media Analytic, Digital Mindset dan Medical Check Up.

Untuk seleksi tahap awal kamu harus belajar materi TKD BUMN. Perbanyaklah untuk mengerjakan soal baik soal-soal online maupun dari buku khusus yang membahas soal-soal ini. Semakin sering kamu belajar mengerjakan maka kamu akan semakin paham dengan karakteristik soal-soal TKD BUMN. 

Selain itu, pahami tentang diri kamu sendiri agar bisa menjawab sesuai dengan karakter kamu. Ini sangat penting ketika kamu harus mengerjakan Tes Akhlak di BUMN.

Untuk menemani kamu belajar, kamu bisa pesan steak di Holycow. Holycow steak merupakan teman terbaik saat belajar tes BUMN.

Mempelajari soal-soal tertulis di BUMN memang tidak mudah, oleh karena itu kamu membutuhkan asupan gizi yang baik. Protein tinggi di steak Holycow bisa memenuhi asupan gizi kamu selama belajar. Apalagi rasanya juga enak dijamin bisa membuat belajar semakin semangat.

Kamu bisa cek menu steak dan lokasi Holycow di sekitar kamu di website resminya. Klik saja di sini untuk informasi lengkap tentang Holycow.

3. Pelajari tentang BUMN yang Kamu Pilih

Tidak cukup hanya belajar untuk tes tertulis atau TKD saja, kamu juga harus mempelajari tentang BUMN yang kamu pilih. Cek profil, sejarah, dan perjalanan BUMN yang sudah kamu pilih.

Informasi ini sangat penting, selain sebagai referensi diri sendiri, kamu juga bisa tahu dalam bidang apa nantinya kamu bekerja. Sering-seringlah baca dengan cara browsing untuk mendapatkan semua informasi mengenai BUMN yang kamu tuju.

4. Tetap Fokus Ketika Mengerjakan

Kunci lulus tes BUMN adalah fokus ketika mengerjakan. Fokus ketika mengerjakan soal akan membantu kamu mendapatkan nilai yang terbaik.

Sebelum mengerjakan sebaiknya kamu tidak dalam keadaan lapar. Jadi sempatkanlah makan terlebih dahulu sebelum tes. Minumlah segelas air putih untuk membantu kamu agar tetap fokus ketika mengerjakan soal.

5. Tampil Rapi dan Percaya Diri saat Tes Wawancara

Sudah lolos semua tes tertulis? Kamu harus mengikuti tes wawancara BUMN. Kiat-kiat interview BUMN adalah tampil rapi dan percaya diri.

Pastikan pakaian yang kamu kenakan sudah di setrika dan terlihat rapi. Gunakan kemeja berkerah dan sepatu pantofel. Bagi wanita gunakan riasan yang natural, hindari make up yang terlalu menor.

6. Pastikan dalam Kondisi Prima Ketika Medical Check Up

Setelah lolos seleksi wawancara, kamu harus melakukan MCU atau Medical Check Up. Lakukan MCU di rumah sakit yang memenuhi kriteria.

Selain itu, pastikan kamu dalam kondisi yang prima sebelum melakukan MCU. Istirahatlah dengan cukup dan makan makanan yang bergizi agar kondisi tetap prima.

7. Persiapkan untuk Job Training

Sudah lolos wawancara dan MCU bukan berarti kamu akan langsung menjadi pegawai tetap BUMN. Kamu harus melakukan job training selama kurang lebih 3 -12 bulan. Lakukan job training dengan baik dan pelajari job desk pekerjaan kamu.

Selain kiat-kiat dalam menghadapi tes BUMN ini, kamu juga jangan lupa meminta restu orang tua dan keluarga. Jangan sampai ketinggalan juga menu Holycow Steak yang dapat menemani dalam belajar untuk persiapan tes BUMN agar asupan gizi terjaga dan lebih siap menghadapi tes BUMN.

Leave a comment

All comments are moderated before being published