Home Story Serba-serbi Daging Rib Eye dan Rekomendasi Tempat Makannya

Serba-serbi Daging Rib Eye dan Rekomendasi Tempat Makannya

Penggemar kuliner pasti tahu bahwa steak daging rib eye biasanya menempati posisi paling populer di menu steakhouse. Mengapa demikian? 

Daging rib eye adalah daging unik yang memiliki kelezatan tak tertandingi. Yuk, belajar serba-serbi daging rib eye yang selalu jadi menu favorit di mana saja!

Apa itu Daging Rib Eye?

Daging rib eye adalah daging yang berasal dari otot pinggang sapi atau longissimus dorsi. Otot panjang ini membentang di sepanjang tulang belakang dari pangkal leher ke pinggul, di luar tulang rusuk.

Rib eye merupakan bagian daging sapi yang sangat empuk. Lebih daripada itu, banyak ahli kuliner menyatakan bahwa rib eye punya rasa daging yang lebih kaya dan tekstur seperti mentega. 

Daging rib eye mengandung lemak tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan pola marble dalam setiap irisan dagingnya. Ini juga yang menyebabkan daging rib eye punya kelembaban sehingga mudah untuk dimasak. 

Kandungan lemak pada daging rib eye juga membuatnya terasa lebih lezat. Pasalnya, rasa daging biasanya bergantung pada seberapa banyak lemaknya. Terlebih lagi, tidak ada bagian daging lain yang memiliki minyak sebanyak rib eye

Jika kamu termasuk orang yang suka memasak sendiri di rumah. Belilah daging rib eye yang dapat kamu bagi dengan 1 atau dua orang lainnya. 

Ini akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada membeli daging rib eye yang tipis untuk 1 porsi saja. Mengapa demikian? Daging yang tebal lebih mudah untuk dimasak sendiri. Sebaliknya, daging yang tipis biasanya masak lebih cepat sehingga mudah gosong.

Rib eye yang berkualitas baik bisa kamu nilai dari bentuk marble-nya. Pertama-tama, perhatikan bagian tengah daging. Daging rib eye seharusnya berwarna merah cerah dengan tambahan titik-titik lemak yang tersebar secara merata pada otot. 

Jangan salah! Lemak ini berbentuk marble. Jadi, bentuknya tidak akan sama dengan gumpalan lemak yang menghubungkan dua belah daging. 

Perbedaan Tomahawk dan Rib Eye

Kamu wajib berhati-hati saat memilih potongan daging untuk steak. Pasalnya, potongan daging yang berbeda akan menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. 

Jika kamu termasuk penggemar daging sapi, maka mengenali perbedaan tomahawk dan rib eye menjadi sangat esensial. Terlebih lagi, keduanya memang menu populer yang wajib ada di setiap steakhouse

Tomahawk Steak

Rib Eye Steak

Deskripsi

Potongan daging dengan tulang yang masih melekat

Potongan daging dengan butiran lemak

Penampilan Steak 

Potongan besar daging T bone yang dipotong menyerupai kapak tomahawk 

Biasanya rib eye steak disajikan tanpa tulang atau dengan sedikit tulang

Potongan

Diambil dari Longissimus Dorsi antara ruas tulang rusuk keenam dan dua belas 

Diambil dari bagian tengah Longissimus Dorsi antara ruas tulang rusuk keenam dan dua belas

Tingkat kesulitan saat memasak

Sulit

Mudah

Tekstur

Lumer di mulut

Keseimbangan antara lemak dan daging membuat teksturnya menjadi lembut

Cita Rasa Steak Daging Rib Eye

Steak daging rib eye adalah pilihan populer saat kamu mengunjungi restoran steak. Lebih daripada itu, steak jenis ini biasanya masih cukup terjangkau dan selalu tersedia. 

Jadi, mengapa steak rib eye sangat populer?

Steak rib eye adalah steak daging sapi yang dipotong dari bagian iga. Meski ada beberapa variasi, potongan daging rib eye biasanya bisa kamu dapatkan di antara tulang rusuk keenam dan kedua belas. 

Potongan rib eye merupakan bagian dari otot longissimus dorsi, yang juga termasuk otot spinalis dan kompleks. Bagian ini juga dapat kamu sebut dengan istilah tulang rusuk utama.

Tidak seperti steak tomahawk, steak rib eye tidak memiliki tulang. Terlebih lagi, potongan rib eye biasanya tidak termasuk tulang rusuk. Namun, terkadang kamu juga bisa mendapatkan rib eye dengan sepotong tulang yang menempel. 

Steak rib eye penuh dengan cita rasa dan tingkat kelembutan yang ideal. Lebih daripada itu, potongan daging steak ini bisa kamu dapatkan pada tulang rusuk bagian atas yang merupakan area otot yang jarang terpakai.

Jumlah lemak intramuskular yang cukup besar dan tingkat marmer yang sehat memastikan bahwa steak rib eye memberikan tekstur empuk tanpa rasa kenyal yang berlebihan. Oleh karena itu, steak daging ini jadi menu yang paling populer di steakhouse mana pun.

Rekomendasi Steakhouse Terbaik di Indonesia

Sedang mencari tempat untuk menikmati steak rib eye berkualitas tinggi? Tenang! Holycow adalah sahabat terbaik bagi para penggemar daging sapi. 

Kamu dapat menikmati beragam menu daging terbaik dengan harga yang terjangkau. Lebih daripada itu, kamu bisa menikmati wagyu rib eye di sini. Wagyu rib eye adalah daging rib eye yang berasal dari salah satu jenis sapi ternak unggulan Jepang. Terlebih lagi, Daging ini tenar dengan pola marble yang luar biasa dan konsentrasi lemak yang merata. 

Untuk menikmati kelezatannya, kamu harus mencari restoran yang bisa memasak dengan tingkat kematangan steak yang tepat. Oleh karena itu, kunjungilah Holycow di kotamu dan coba daging rib eye kami yang diolah oleh para chef terbaik! 

Leave a comment

All comments are moderated before being published