Home Story 7 Kegiatan Produktif Selama Pandemi Untuk Jadi Investasi Masa Depan

7 Kegiatan Produktif Selama Pandemi Untuk Jadi Investasi Masa Depan

Setelah new normal nanti, kondisi ekonomi nggak akan lagi sama. Mumpung masih ada di tengah-tengah transisi, bareng-bareng cari kegiatan produktif selama pandemi yang bisa membantu kamu di masa depan, yuk!

Sejak pandemi, hampir semua kegiatan kita lakukan jadi membosankan, ya?

Pasti ada rasa dan sensasi yang beda ketika kamu terbiasa beraktivitas offline, tapi sekarang terpaksa beraktivitas dengan bantuan teknologi alias online.

Kalau kamu merasa dibatasi, cobain cara produktif di masa pandemi bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran ini.

7 Aktivitas Untuk Tetap Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi

1. Menulis Online di Blog (Medium, Wordpress, Blogger, dsb)

Semua orang pasti punya pengalaman. Pasti punya kontribusi. Pasti memiliki kemampuan spesifik yang orang lain belum/tidak tahu.

Termasuk kamu. Kamu juga pasti punya hal ini.

Kenapa nggak menceritakan hal tersebut lewat medium penulisan?

Tidak ada ruginya sama sekali, lo. Walaupun yang membaca tulisan kamu sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali… tulisan kamu akan tetap ada di internet. Sampai kapanpun. 

Lambat laun, pasti ada orang yang membaca dan terbantu dengan tulisan kamu.

2. Belajar Skill Baru yang Bermanfaat Untuk Pekerjaan/Karir

Sekarang banyak bootcamp yang diselenggarakan oleh expert di bidangnya masing-masing. Contohnya Digimar (Digital Marketing). Banyak individu dan organisasi yang membuat webinar atau bootcamp di medsos untuk kamu yang ingin belajar kemampuan Digimar.

Sebenarnya tidak terbatas hanya ke skill atau bidang Digimar. Kalau kamu mau cari, webinar untuk menjahit atau melukis juga ada.

Manfaatkan momen WFH (Work From Home) atau Kulon (Kuliah Online) ini sebagai ajang pengembangan diri.

Ini cuma masalah persepsi, kok. Daripada menganggap pandemi adalah keterbatasan…

Gimana kalau ternyata pandemi adalah kesempatan meningkatkan kecerdasan?

3. Membuat Channel Youtube

Poin ini (kurang lebih) sebenarnya sama dengan poin nomor satu. Bedanya adalah medium/platform-nya. Kalau kamu punya kemampuan atau pengalaman yang lebih cocok untuk dibagikan lewat video, coba buat channel YouTube sekarang.

Sama seperti poin nomor satu, cerita kamu nggak terkonsep. Tidak perlu pakai script. Tidak perlu mengejar kesempurnaan alias perfeksionis. 

Kamu cuma perlu hal ini: punya keinginan untuk berbagi, membantu orang lain, dan berkontribusi. Tiga hal ini sudah lebih dari cukup.

4. Cari Hobi Baru = Menambah Teman Baru

Pandemi pasti membuat kamu kehilangan teman. Yang tadinya punya teman untuk cerita langsung, sekarang harus cerita lewat video call atau bahkan jadi lost contact.

Kalau ini terjadi pada kamu, coba cari hobi baru. Idealnya hobi baru adalah olahraga yang membutuhkan kerja sama tim. Contohnya seperti main futsal, bola voli, dan game online.

Hobi baru berarti teman baru. Teman baru berarti cerita baru. Cerita baru berarti kegiatan positif dan produktif baru.

Seru, kan?

5. Mulai Hidup Sehat Dengan Home Workout

Pandemi mendadak mengingatkan kita kalau ternyata hidup yang kita jalani jauh dari kata sehat. Bahkan sebelumnya, mungkin kamu 100% mengacuhkan kesehatan diri.

Hal ini bisa kamu stop sekarang juga dengan memulai habit sehat baru: home workout.

Olahraga di rumah sendirian adalah self-improvement kecil yang bisa membuat domino hidup sehat kamu bergulir. Siapa tahu dengan olahraga ringan di rumah, kamu jadi tertarik untuk pergi ke gym dan serius ingin melakukan transformasi total badan kamu.

Siapa tahu setelah new normal, kamu juga jadi new you, kan? Toh, nggak ada ruginya sama sekali.

Contoh kegiatan produktif selama pandemi saran kami adalah melakukan HIIT (High-intensity interval training) dengan melihat tutorial dari YouTube.

6. Menghubungi/Kontak Dengan Teman Lama dan Menjalin Relasi

“Si X apa kabar, ya? Denger-denger dia dipecat setelah pandemi sama perusahaannya…”

“Si Y ke mana, ya? Kok ngilang gitu aja…”

“Kangen sama si Z, padahal rumah kita deket tapi nggak pernah ketemu...”

Jangan cuma kamu simpan di kepala. Coba hubungi kontak atau teman lama kamu lewat WhatsApp. Atau hubungi via e-mail biar spesial sekalian supaya teman kamu kaget. (Karena pasti mereka jarang terima e-mail.)

Siapa tahu lewat komunikasi kecil ini jadi sesuatu yang besar seperti usaha baru, kerja sama bisnis baru, atau mungkin relationship baru. Siapa tahu, kan...

7. Menghilangkan Stress Dengan Memasak

Kadar stres kamu sudah rata kanan? Coba turunkan dengan cara belajar masak di dapur. Mulai aja dulu dari hidangan simpel yang membutuhkan sedikit bahan, contohnya aneka masakan berbahan dasar telur.

Kalau mood kamu sudah mulai naik, baru deh masak makanan yang kompleks tapi enak, contohnya daging steak.

Kalau kamu masak steak, jangan sampai jadi stres lagi gara-gara pakai asal pilih bahan dan daging, lo. Pesan dagingnya di Holycow Steak aja. Dari mulai daging, bumbu marinasi, sampai saus steak, semuanya lengkap. Dan nggak perlu keluar rumah, ya, kamu cukup pesan online dan tinggal masak.

Itulah tujuh rekomendasi kegiatan produktif di rumah selama pandemi yang kami rekomendasikan buat kamu lakukan. Kegiatan produktif selama pandemi ini sangat simpel, hanya butuh sedikit energi, dan nggak perlu menghabiskan uang. Tapi kalau kamu lakukan… wah, bakal jadi investasi terbaik yang kamu lakukan tahun ini.

Leave a comment

All comments are moderated before being published